Friday, May 7, 2010

sejarah mouse atau tikus di komputer

bagian dari komputer yang satu ini, sangatlah penting karena dia sangat membantu kita dalam
mengoprasikan komputer. perna tidak kita terlintas siapa yang menciptakan alat ini?
dalam sebuah artikel terbitan majalah komputer yaitu "CHIP"
dalam ulasan ceritanya pertama menyatakan " Demonstran yang mengubah dunia" kemudian tokoh yang brilian namun kerap terlupakan. Seorang tokoh yang akan selalu dikenang karena sebuah adegan. Tepatnya, adegan itu adalah sebuah demonstrasi yang melambungkan namanya ke tingkat legenda di dunia teknologi informasi. Dia adalah "DOUGLAS ENGELBART" pencitpa "mouse".

teknologi ini kenalkan pada tahun 1968 dikota San Fransisco Amerika Serikat, kota yang terkenal keterbukaannya. pada saat itu Engelbart bersama tim nya yaitu Augmentation Research Center (ARC), bagian dari Stanford Research Institute (SRI).
memperagakan sebuah perangkat kotak kayu yang roda-roda logam yang digunakan berinteraksi dengan komputer. pengujian secara signifikan dilakukan oleh english yang membangun perangkat dasar dari sketsa yang dibuat oleh engelbart beberapa tahun sebelumnya.
awalnya perangkat ini disebut "X-Y position indicator for a display system". namun tim ARC
menjulukinya dengan nama "Mouse" karena dia memiliki ekor seperti tikus, yaitu kabel yang panjang menghubungkan dengna komputer. Dan sejak itu mouse inilah yang kemudian cocok dengan proyek ebaluasi yang dijalankan Engelbart dan timnya, secara langsung menginspiraskan proyek Graphic User Interface (GUI) di Xerox Sparc Research Center. proyek ini kemudian di curi oleh Steve Jobs untuk melahirkan Macintosh. perangkat komputer personal pertama di dunia yang kebetulan juga menggunkan mouse. dan peristiwa inilah yang kemudian menyebarkan mouse sebgai salah satu perangkat yang paling banyak digunakan di dunia.

Douglas Engelbart, seseorang yang di anggap gila dan diragukan oleh peneliti lainnya, karena kepandainya dan cara berpikirnya jauh lebih maju 20 tahun kedepan dari zamannya.

No comments:

Post a Comment